Seputar Madina

Gegara Tak Adakan RAT, KUD Kuala Tunak Tabuyung Terancam Bubar

Kantor KUD Kuala Tunak di Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Madina ( ist)

TABUYUNG -Mandailing Online: tak pernah diundang untuk mengikuti rapat anggota tahunan ( RAT), Koperasi Unit Desa (KUD) Kuala Tunak di Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batanggadis, Kabupaten Mandailing Natal ( Madina) terancam dibubarkan oleh pemerintah setempat.

Ancaman pembubaran tersebut terungkap setelah Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menangah Kabupaten Madina mengirimkan surat peringatan kepada pengurus KUD Kuala Tunak yang berlokasi di Desa Tabuyung.

Dalam surat bernomor 518/593/DKUKM/2024 dijelaskan, sesuai dengan data pada aplikasi online data system (ODS), Kementerian Koperasi dan UKM RI bahwa Koperasi Kuala Tunak yang sekarang dipimpin oleh Wardani Batubara tidak pernah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) selam 2 tahun berturut-turut untuk tahun buku 2021-2022.

Salah seorang anggota Koperasi KUA Kuala Tunak, Parwis Batubara mengakui bahwa selama 2 tahun dia dan ratusan anggota yang lain tidak pernah diundang untuk RAT.

“Secara pribadi dan sebagai anggota koperasi saya tidak pernah menerima undangan RAT,”ujarnya senin sore 29/7.

Sebenarnya kata Parwis, anggota KUD Kuala Tunak telah berulang kali meminta pengurus untuk mengadakan RAT, namun permintaan tak pernah digubris.

Parwis menilai, tindakan yang dilakukan oleh pengurus koperasi mereka sudah menyalahi UU nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian.

” berdasarkan pasal 26 ayat I, UU nomor 25/1992, rapat anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam setahun. Konsekuensi apabila rapat itu tidak dilaksanakan Pemerintah bisa membubarkan Koperasi tersebut atas perintah undang undang ” Jelas Parwis.

Untuk meminta pertanggungjawaban Pengurus, Inshaallah kata Parwis, ia dan anggota lain dalam waktu dekat ini, apabila badan pengurus KUD Kuala Tunak juga tidak melaksanakan RAT anggota akan datangi pengurus dan pengawas serta Dinas Koperasi Madina. ( nap)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.