Seputar Madina

Calbup Saipullah Jadi Imam dan Penceramah Kultum Subuh di Gunungtua

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Calon Bupati Mandailing Natal (Madina) nomor urut 2 Saipullah Nasution didaulat menjadi imam salat Subuh di Masjid Raya Suhada’a Gunungtua, Kecamatan Panyabungan, Madina, Ahad (6/10/2024).

Selain jadi imam salat, Saipullah juga tampil sebagai penceramah kultum subuh di masjid itu usai salat Subuh.

Dalam ceramah singkat, Saipullah mengurai sejumlah hadis yang berkaitan dengan keutamaan dan kelebihan salat Subuh, apalagi salat Subuh berjamaah di masjid.

Menurut Ketua DPP Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) ini, banyak umat Islam yang belum mengetahui pahala salat Subuh berjamaah. “Jika mereka mengetahuinya, maka mereka akan berbondong-bondong melaksanakannya,” katanya.

Tokoh Gunung Baringin bergelar Patuan Kumala Parhimpunan Naposo menguraikan, keutamaan salat Subuh berjamaah, antara lain mendapat pahala sepanjang malam, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, medapatkan cahaya di hari kiamat, terbukanya pintu rezeki, dan dipersaksikan malaikat.

Dua dari beberapa keutamaan salat Subuh diurai Saipullah berdasar dua hadis, yakni: “Barang siapa yang salat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas salat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Kesempatan lain yang bisa didapatkan dengan mengupayakan salat Subuh secara berjamaah, lanjut Saipullah, adalah salat sunah Subuh dua rakaat. Salat sunat Subuh dua rakaat ini punya kelebihan tersendiri yang disebutkan dalam hadis.

“Dua rakaat (salat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah Radhiallahu ‘anha)

Usai melaksanakan salat Subuh, Saipullah dan rombongan diundang ke rumah Azizah di Desa Gunungtua Jae, Lorong Tambangan.

Di rumah itu sejumlah tokoh masyarakat dan hatobangon serta kaum ibu bersilaturahmi dengan Saipullah.

Saipullah didampingi Ketua DPC PKB Madina Khoiruddin Faslah Siregar dan Ketua DPD Nasdem Madina Zainal Abidin serta para tokoh Madina lainnnya. (dahlan batubara)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.