Berita Sumut, Seputar Madina

KKN 17 STAIN Madina Sosialisasi Dampak Pernikahan Dini dan Pentingnya Pendidikan

SUMBAR (Mandailing Online) – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Madina Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandailing Natal Kelompok 17 laksanakan kegiatan sosialisasi Edukasi Pencegahan Pernikahan Dini dan Pentingnya Pendidikan pada siswa MTs Swasta Lubuk Gadang, Nagari Koto, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Rabu, (21/08/2024).

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang lebih mendalam kepada para siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs S) tentang pentingnya pendidikan dan dampak negatif dari pernikahan dini serta membangun generasi yang lebih cerdas dan berencana.

“Dalam sosialisasi itu, kami para mahasiswa secara bergantian menyampaikan beberapa materi penting seperti edukasi pernikahan dini dan hubungan antara pendidikan yang tinggi dan masa depan yang lebih cerah,” Ungkap Dede Hermawan Rabu, (21/08).

Dalam agenda sosialisasi Mahasiswa KKN 17 Lubuk Gadang itu jelas Dede, menekankan bahwa pernikahan dini dapat menghambat potensi seseorang untuk berkembang berkreativitas dan mencapai Cita cita.

Ia berharap siswa siswi MTs S Lubuk Gadang dapat memiliki wawasan yang lebih luas tentang dampak pernikahan dini dan lebih memprioritaskan mengejar pendidikan demi masa depan yang lebih baik.

“Pernikahan dini ini kan banyak resikonya, seperti masalah kesehatan, mental yang belum siap, selain itu, nikah muda juga dapat menimbulkan masalah ekonomi, lingkaran kemiskinan baru dalam kehidupan bermasyarakat nantinya juga akan bertambah kalo belum siap secara finansial. Dengan adanya kegiatan kami ini, kami harap generasi muda juga dapat menghindari pernikahan dini,”Tambah Dede.

Selain masalah pernikahan dini. Salah satu poin yang paling disoroti Mahasiswa dalam kegiatan penyampaian materi terkait pendidikan.

Fadlan Ali Mahasiswa KKN STAIN Madina salah satu narasumber mengatakan bahwa pendidikan dapat menjadi sarana pengembangan karakter dan etika yang baik, serta mendorong kreativitas dalam kehidupan.

“Pendidikan merupakan gudang pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan sebagai benteng untuk menghadapi tantangan yang terjadi di masa depan,” Ungkap Fadlan mahasiswa KKN di sesi penyampaian materi.

Pada kegiatan itu para siswa juga diajak untuk berpikir kritis dan menyadari betapa pentingnya perencanaan masa depan yang matang sebelum mengambil keputusan yang sangat besar agar bisa membuat perencanaan.

“Kami juga sampaikan soal perencanaan dan memanajemen kehidupan. Seperti membuat target dalam hidup, dan menjadi manusia yang terdidik,” Kata Fadlan.

Kegiatan mahasiswa KKN itu pun mendapat respon positif dari Kepala sekolah, guru, dan para siswa MTs S Lubuk Gadang. Para guru menilai kegiatan mahasiswa itu mberikan edukasi yang sangat penting untuk masa depan para siswa di MTsS Lubuk Gadang.( fikri)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.